Kamis, 09 November 2017

Mengintip Keindahan Terselubung Curug Winong di Wonosobo

Selain Telaga Menjer, obyek wisata alam lainnya yang juga terdapat di Wonosobo dikenal sebagai obyek wisata Curug Winong. Tempat wisata di Wonosobo ini berupa Air terjun (curug) yang berlokasi di wilayah Kampung Winongsari, tepatnya di Dusun Temanggung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di arel hutan menjadikan obyek wisata ini tidak cuma menawarkan estetika air terjun, estetika alam pegunungan khas Wonosobo yang sangat indah dan mempesona ditawarkan oleh namun juga.


Meski obyek wisata Curug Winong ini berada di pedalaman hutan, tetapi akses menuju tempat ini cukup gampang. Sebab di sebelah kanan dan kiri jalan raya yang mulus beraspal dan berkelok ini terdapat pemandangan hutan pinus dan pegunungan, perjalanan menuju gerbang Desa Winongsari akan sungguh berkesan,
Jarak dari gerbang Kampung Winongsari ke loket wisata Curug Winong berjarak kurang lebih lima ratus meter melalui jalan kampung. Sayangnya, jalan kampung ini tak semulus jalan raya yang dilewati sebelumnya.
Setelah sampai di area loket, pengunjung tinggal memakirkan kendaraan di area parkiran yang telah disediakan. Biaya parkir cuma 2.000 rupiah per motor, sedangkan tiket masuk ke kawasan wisata Curug Winong cuma seribu per orang (di hari libur, naik jadi 2.000 per orang). Harga yang sungguh murah untuk sebuah tiket masuk ke obyek wisata.

Sambil berjalan kaki, perjalanan berjarak sekitar lima ratus meter ke lokasi kawasan wisata Curug Winong dilanjutkan Di seratus meter pertama, jalan-nya telah dipaving, sedangkan sisanya berupa jalan setapak. Selama menempuh jalan setapak ini, para pengunjung bisa menikmati indahnya persawahan Kampung Winongsari beserta sungai tidak cerah yang mengalir di sisi kiri jalan. Perjalanan itu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja menuju lokasi Curug Winong.
Di Lokasi wisata Curug Winong, pengunjung-pengunjung akan langsung disuguhi dengan indahnya pemandangan air terjun yang berketinggian hampir tujuh puluh meter dengan bentuk permukaan turunan yang menyerupai seluncur.

Topografi turunan Curug Winong yang menyerupai seluncur dengan kemiringan tidak lebih dari 70 derajat membuat banyak pengunjung berlomba-lomba untuk bisa memanjat naik ke atas. Dari atas bakal terlihat jelas panorama alam sekitarnya yang masih asri sekali dan alami.
Fasilitas di sekitar kawasan wisata Curug Winong cukup memadai. Di area ini terdapat toilet serta warung-warung yang menjual snack, aneka makanan ringan, juga minuman. Waktu mengunjungi Curug Winong ini disempatkan pastikan untuk jika kebetulan Kamu sedang berada di Wonosobo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar